Kamis, 15 Desember 2016

Sekilas Tentang DragonBall Z, GT dan Super

Dragon Ball (ドラゴンボール Doragon Bōru) adalah sebuah manga dan anime Jepang yang dikarang oleh Akira Toriyama dari tahun 1984 sampai 1995. Dan kini kisahnya dilanjutkan kembali dengan seri baru yang berjudul DragonBall Super.

Goku, Vegeta, Gohan, Piccolo adalah beberapa dari karakter yang ada dalam anime ini. Bagi non fans sekalipun pasti sudah nggak asing dengan nama-nama tersebut. Tapi mengenai ceritanya, fans selain Dragon Ball mungkin masih ada yang kurang paham atau bahkan bingung dengan jalan ceritanya. Seringkali mendengar nama seperti Dragon Ball Z, Dragon Ball Z Kai, Dragon Ball GT sampai yang paling baru yaitu Dragon Ball Super. Terus apa sih perbedaannya?

Kali ini saya akan mencoba menjelaskan sedikit dari seri-seri tersebut.
Anime Dragon Ball mempunyai beberapa seri. Seri pertama yaitu Dragon Ball, selanjutnya ada Dragon Ball Z/Z Kai, Dragon Ball GT dan yang terakhir Dragon Ball Super.

SERI DRAGON BALL
Ini adalah seri pertama, secara keseluruhan bercerita tentang tentang Goku kecil dan kawan-kawannya berpetualang mencari Dragon Ball. Goku sebenarnya bukan makhluk bumi, dia adalah makhluk Planet Vegeta atau biasanya disebut dengan makhluk atau bangsa Saiyans. Saat bayi, Goku sengaja dikirim ke bumi di saat Planet Vegeta sedang diinvasi dan akan oleh Frieza.

Di masa kecilnya Goku dirawat oleh Kakek Gohan. Dia bertemu teman-teman seperti Bulma, Krillin, Yamcha, sampai Tenshinhan.

Goku juga bertemu dengan guru yang mengajarkannya jurus Kamehameha yaitu Master Roshi. Bersama Krillin, Son Goku menjalani latihan yang sangat berat.

Dalam petualangannya saat kecil, Son Goku banyak menjumpai banyak musuh seperti Pilaf, Tentara Pita Merah, Tao Pai Pai sampai Raja Iblis Piccolo (Piccolo Daimao).

SERI DRAGON BALL Z /Z KAI
Seri ini dimulai saat Goku mulai remaja. Pertama kali terlihat pada pertandingan Beladiri Sejagat (Tenkaichi Budokai). Bertemu lagi dengan Chi-Chi yang pada masa kecil berjanji untuk menikah. Singkat ceritanya finalnya adalah Piccolo muda melawan Goku. Setelah Goku mengalahkan Piccolo, dia lalu memulai keluarga dengan Chi-Chi.

Tenkaichi Budokai adalah pertarungan bela diri sejagat. yang diadakan 5 tahun sekali (kemudian menjadi 3 tahun sekali). Peserta datang dari berbagai jenis ras yang ada di dunia Dragon Ball. Peserta juga datang dengan bermacam macam tujuan, ada yang ingin menguji sejauh mana kemampuan bertarungnya, ada yang berharap pada uang yang didapat, ada yang memang bertujuan untuk menghabisi lawannya.

Dragon Ball Z terbagi menjadi beberapa bagian cerita. Di awali dengan kemunculan Bangsa Saiyan (Saiyan Saga), mencari dragonball di Planet Namek dan bertarung melawan Frieza (Namek Saga), kedatangan Trunks dari masa depan (Trunks Saga), bertarung dengan para android dan robot organik Cell (Android dan Cell Saga) dan musuh terakhir yaitu Iblis Buu (Majin Buu Saga).

Dragonball Z dan Dragonball Z Kai sebenernya sama. Dragonball Z Kai dibuat dengan perbaikan grafis yang lebih bagus serta ada beberapa filler atau bagian cerita yang tidak penting dihilangkan.

DRAGONBALL GT
Diawali dengan Goku yang sedang berlatih bersama Uub di tempat Dende. Dikacaukan dengan kedatangan gang Pilaf yang membuat Goku menjadi seperti anak kecil lagi karena meminta sebuah permohonan kepada ultimate Shenron. Setelah itu lebih banyak petualangan yang melibatkan Goku, Trunks dan Pan ke antar galaksi. Akhir dari perjalanan antar galaksi yaitu dengan bertarung melawan Baby yang memakai tubuh Vegeta. Di saga melawan Baby, Goku untuk pertama kalinya berubah menjadi Super Saiyan 4.
Setelah Baby Saga, Goku dan Z Fighters harus bertarung melawan gabungan antara Android 17 dengan Hell Fighter 17 yang berubah menjadi Super 17.
Saga terakhir dari Dragonball GT yaitu Shadow Dragon Saga. Dimana awalnya Goku, Trunks dan Pan harus bertarung melawan para naga untuk mendapatkan dragonball. Naga terkuat yang dilawan yaitu Omega Shenron yang dikalahkan dengan bola semangat dari seluruh semesta.

DRAGONBALL SUPER
Seri baru yang lagi on going. Di Jepang pertama kali tayang pada tanggal 5 Juli 2015.
Setelah mengalahkan Buu, bumi kembali damai. Goku sudah bekerja sebagai petani lobak. Keluarga dan teman-temannya hidup damai. Namun ancaman baru muncul. Dia adalah Beerus. Dewa penghancur yang dianggap sebagai makhluk paling menakutkan di alam semesta ke 7. Beerus berkeinginan untuk melawan seseorang yang hadir dalam mimpinya yang diyakini adalah Super Saiyan God.
Untuk melindungi bumi, Goku berubah menjadi Super Saiyan God dan bertarung melawan Beerus meskipun akhirnya teatp kalah.

Pertarungan antara alam semesta 6 dan alam semesta 7
Champa, dewa penghancur dari alam semesta ke 6 muncul dan mengajak Beerus untuk mengadakan turnamen pertarungan antara alam semesta 6 dan 7. Yang menang akan mendapatkan Super Dragonball yang besarnya seukuran sebuah planet.
Petarung yang dipilih Champa yaitu Magetta, Botamo, Frost yang menyerupai Frieza, Cabba yang ternyata adalah seorang saiyan, dan yang terkuat adalah Hit, seorang yang dikenal sebagai pembunuh bayaran.
Sementara dari semesta 7 yaitu Goku, Vegeta, Piccolo, Majin Buu dan Monaka yang sebenarnya tidak bisa apa-apa.
Pertarungan berakhir dengan kemenangan mengejutkan dari alam semesta ke 7.


Kehancuran di masa depan
Setelah turnamen selesai, Trunks datang dari masa depan membawa kabar adanya musuh baru yang menyerupai Goku. Trunks ke masa lalu untuk meminta bantuan kepada Goku dan kawan-kawannya. Seseorang menyerupai Goku yang dikenal sebagai Black Goku ternyata adalah kaioshin alam semesta 10, Zamas yang menukar tubuhnya dengan Goku (dalam rentan waktu berbeda).
Setelah memakai raga Goku, Zamas (Black) pergi ke masa lalu menggunakan cincin waktu untuk membantu dan bersekongkol dengan dirinya sendiri. Mereka berdua membuat masa depan yang sekarang hancur. Yang lebih mengkhawatirkan bahwa di masa depan Zamas memiliki tubuh yang abadi. Dikombinasikan dengan Black yang sangat kuat dengan menjadi Super Saiyan Rose.
Saking kuatnya, Goku dan Vegeta sampai dua kali dikalahkan dan harus kembali ke masa lalu.

Perjalanan ketiga kalinya ke masa depan, dengan kekuatan dan strategi yang lebih matang. Goku dan Vegeta optimis bisa mengalahkan Black dan Zamas. Awalnya Zamas sempat tersegel di guci oleh Trunks dengan jurus Mafuba, tapi pengunci segelnya tertinggal di masa lalu.
Setelah semakin terdesak, Black dan Zamas melakukan penggabungan dengan potara yang membuat keadaan berbalik menyudutkan Z Fighters. Pada akhirnya Goku dan Vegeta juga melakukan penggabungan menjadi Vegito.
Vegito lebih kuat dari Zamas tapi akhirnya terpisah sebelum waktunya habis. Mereka terpisah karena energinya sudah terkuras saat memakai Final Kamehameha. Di saat terdesak Trunks datang menolong. Dengan energi dari semua orang Trunks berhasil memusnahkan Zamas.
Tapi tak diduga raga Zamas yang sudah musnah ternyata Zamas masih bisa melakukan sesuatu yang akhirnya membuat semua orang terbunuh. Menurut Gowas, Zamas mencoba menjadi alam semesta dengan keadilannya sendiri. Semua Z Fighters bingung, tapi tak disengaja Goku mengambil tombol untuk memanggil Zeno-Sama (dewa dengan kedudukan tertinggi) dan meminta Zeno-Sama untuk memusnahkan Zamas. Saat pemusnahan, Z Fighters langsung kembali ke masa lalu sebelum ikut dimusnahkan.

Saga Dragonball Super selanjutnya kemungkinan pertarungan antar alam semesta dari alam semesta ke 1 hingga alam semesta 12.


46 komentar:

  1. Cerita nya yg trakhir sebagian ka gak jelas . Gak nyambung.! Saya jelas jelas nonton DBZ sampai DBS /episode ..

    BalasHapus
  2. Saya juga menoton dragon ball super via www.samehadaku.net

    BalasHapus
  3. Ini cerita dragon ball nya kagak nyambung di dragin ball episode sebelum nya pan anak gohan sudah gede dan goku berubah jadi kecil dan goten dan trank sudah besar nah d episode turnamen univers 1 sampai 12 itu gohan masih kecil dan pan gak ada dan ada yg bikin cerita bahwa majin buu tidak bisa ikut turnamen di antar univers padahal di awal datang nya beruus dewa penghancur majin bu ikutan turnamen saat hadiah nya bola dragonball yg ukuran nya segede pelanet ini cerita dragonball gak j3las dan gak nyambung dan mana cerita awal dan mana cerita lanjutan nya itu gak masuk akal banget awal nya begini dan akhir nya begina masa gede dulu baru bayi ada juga bayi dulu baru gede gak nyambung saya nonton flm dragonball dari episode 1 sampai yg dragonball super itu gk masuk akal dan katanya karakter2 yg gk penting di hilangkan tapi kok masih ada itu karakter dan kenapah di serial dragonball gt pan ada di super gk ada dan pertumbuhan pan dan goten kok gak nyambung padahal pan trakhir lahir bukan goten dan masalaha kekuatan goku jdi gak masuk akal awalnya pan dewasa dan tranks goten udah dewasa di draginball gt kok di dragonball super pan belum lahir dan trank gotin masih kecil dan bulla lahir ko jadi kebalik gini sih cerita nya gak berjalan lurus banget emang sih kalo udau berjalan alur ceritanya seru banget cuman knph gk sesuai alur cerita awal pertumbuhan karakter dan kekuatan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lu nonton Dragonball cuman sekedar nonton gak memahami konsep nya. Dragonball Super iyu kelanjutan asli dari cerita dragonball Z Kai. Dan gak begitu punya banyak hubungannya sama dragonball GT.trus kenapa dragonball GT ada? Dragonball GT itu cuman film pengisi kekosongan sblm ada dragonball super. Gt aja

      Hapus
    2. Yang gak nyambung hanya Dragon Ball GT. Itu krn pengarangnya beda. Makanya jangan dianggap DBGT itu... Yang bikin DBGT kurang menarik itu krn terlalu Goku-sentris... Figur2 lain sprti piccoro atau bahkan tensinhan hanya jd pelengkap aja..

      Hapus
    3. Nontonya harus berutan baru paham,dragon ball kecil,dragon ball z,dragon ball super,baru dragon ball gt.

      Hapus
    4. tapi dragon ball gt kok awal nya nyambung banget yah, si goku melatih uub

      Hapus
    5. anehkan, pdhl animenya sih seru, ini yg bikin penggemar bingung wkwk

      Hapus
    6. Emang GT dan Super ngambil cerita setelah Z, tapi yang bikin GT pengarangnya beda, kalau Super pengarangnya sama dengan Z. Jadi kalau nonton GT jangan terlalu dikaitkan sama Super karena beda dimensi, waktu dan timeline cerita

      Hapus
  4. Kalo ceritanya begini udah twrlanjur banget udah acak cakan berserakana kagak jelas lagj ini episode dragonball nya seru si seru pertarungan nya tapi ancur kalo gwa kaaih nilai buat alur ceritanya gwe kasih nol 0 min kalo buat karakter dan kekuatan nya kasih 100 plus cuman kalo udah begini mah udah ancur ni cerita draginball gak jelas banget alur ceritanaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg penting cuan n fans db tambah byk cerita ga nyambung jg bodo amat syg kl db distop pokokx gd tamatx db coz cuanny ngalir trs wkwkwk

      Hapus
    2. Brarti anda belum memahami alur nya

      Hapus
    3. Rehan Adom diracuni sm DB GT

      Hapus
    4. Kalo kalian memaklumi marvel universe kenapa harus mempermasalahkan adanya dragonball universe(dragon ball GT)? Sebagai fans harusnya paham karna ikut update, yg bukan fan diem aj lah

      Hapus
  5. soalnya dragon ball GT beda pengarang, dan bisa dibilang produk gagal... makanya diambil alih sama pengarang aslinya, jd DB super

    BalasHapus
  6. nyambung kok,,,,soal nya dragon ball asli tuh : DB ,DB-z & DB-super

    begitu juga super saiyan ,,,yg asli tuh hanya SS, SS-2 ,SS-3 , dan semua tingkatan di DB-super,,,

    cerita DB-GT ( super saiyan 4) adalah garapan pihak lain dgn seizin pihak toriyama,,,,
    tp ahirnya toriyama ga setuju jalan cerita dbGT ,,dan db-GT pun dibuang ,,,dan hnya jd "fan made" deh...

    BalasHapus
  7. sama zen-chan juga modar semua

    BalasHapus
  8. buat apa ya dragonball gt di buat episodenya banyak lagi, apa benar cerita itu hanya ngarang saja dan gak nyambung ke versi yg lain nya,dari gt udah gak keluar versi barunya dan sekian lama baru keluar dragonball super, gua jadi bingung gua kira dragon ball gt TAMAT aslinya

    BalasHapus
  9. Z , z kai , GT, super dan seterusnya dari jaman tititnya kecil Ampe gede bertarungnya 'orang-orang' dragon ball ya gitu-gitu aja ... #fishing

    BalasHapus
  10. Apa masih ada kelanjutan dari gragin ball super ?

    BalasHapus
  11. Jadi gini nih gan. Dragonball gt itu emang nyambung sama dragon ball z,diakhir cerita dragon ball z kan ada tuh goku pergi latihan sama uub dari tournamen tenkaichi. Nah turnamen tenkaichi disini itu kan waktunya 10 tahun setelah majin buu kalah. Berarti dragon ball gt itu mulainya setelah 10 tahun kalahnya majin buu. Kalo Dragon ball super berarti letaknya antara Dragonball z dan Dragonball gt tepatnya 6 bulan setelau kalahnya majin buu. Iya sih ssj 4 itu kuat di db gt. Tapi di Dragonball super juga ngasih ssj blue sama kekuatan baru goku ultra instinct jadi seharusnya di db gt juga udah ada ssj blue sama ultra instinct tapi karna db gt lebih dulu dibuat. Mangkannya di db gt ceritanya udah gak bisa diubah dan gak ada kekuatan tsbt.dan juga faktor utama yg bikin db gt sama db super itu ga nyambung yaitu super saiya 4 yg seharusnya didului super saiya blue di db gt. Pokonya gitu deh. Kalo emang ss4 itu super saiya yg paling akhir seharusnya mereka harua berubah jadi ss blue dulu sama ultra instinct lalu berubah jadi ss4 .Baru ceritanya bakal nyambung ntar

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro mau tanya
      pada saat ending dragon ball gt saat goku naik ke shenlong itu mau kmna ya?

      Hapus
    2. GT itu other version bro. Gak ada hubungannya sama Super. Ente pasti bingung kalo masih nyambung2in ke GT.

      Hapus
    3. Setuju, ini yang bikin gak nyambung

      Hapus
  12. BOLAVITA dalah Agen Judi Sbobet Terpercaya Se-Indonesia

    Bermainlah dengan pengalaman terbaik di BOLAVITA dengan bonus-bonus menarik dan kemudahan untuk transaksi.

    Bonus Freebet Natal Terbaru Bolavita !
    Situs Agen Judi Online Terpercaya di Indonesia yang sudah berdiri lama !
    Mudah dalam mendaftar, aman dan terpercaya !

    Bonus Freebet s/d 1 Juta Rupiah !
    Daftar sekarang juga !

    Info selengkapnya hubungi :
    BBM: BOLAVITA
    WeChat: BOLAVITA
    WA: +6281377055002
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  13. Saya kira db gt sambungan dbs.. ternyata bkn ya.. soalnya sy mengikuti dr db-dbz ke dbs... tp penasan jg dgn cerita di db gt

    BalasHapus
  14. DBS itu sulit di mengerti alur cerita nya maka nya banyak fans2 yang kebingungan min
    Coba aja kalo DBS tuh lanjutan nya DB GT pasti banyak fans2 yang ga kebingungan kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. DBGT coret aja bro.. krn itu yg bikin gak nyambung. Dari DBZ langsung ke DBSuper.

      Hapus
  15. Coba nonton tonton klajutan dr dragon ball super, yaitu dragon ball heroes, kyaknya antara Dragon ball ,Z,super & Gt mulai ada sambungan..tp gak tau jg ya baru kluar smpai episode 9..di ikutin aja..

    BalasHapus
  16. Menurut gw versi GT paling nyambung ..dari pada SUPER
    klo mau nyambungin Versi GT sama SUPER. Itu harus ada Versi movie nya yang buat nyambungin Antara Versi GT & SUPER. Dengan Cara mengatur Waktu masa kehidupan

    BalasHapus
  17. DBSuper inilah versi lanjutan dari DBZ yang 'benar' menurut gw, drpada DB GT. Secara pengarangnya adalah pengarangnya DBZ. Di DB super inilah tokoh2 medioker seperti Tensinhan, Piccoro, atau malah Mutenroshi masih ada di jalur cerita, daripada DBGT yang goku-sentris. Super saiya 1,2,3,God masih sering dipake Goku meskipun dia mampu ke SS Blue. Sementara di DBGT pertarungannya selalu Goku jadi SuperSaiya4, dan amat jarang SS1 dipake lagi.... Mantab lah DBSuper...

    BalasHapus
  18. Kalau Menurut Imajinasi DBGT itu jalan nya di dimensi lain contoh DB,DBZ/DBZkai, DB super, DB heroes itu adalah masa sekarang nah kalau DBGT itu sebelum masa sekarang dan ceritanya dari masa lalu sebelum masa sekarang jadi menurut imajinasi ane di dalam cerita Drago Ball Itu ada masa depan, masa sekarang, masa lalu yang sama2 jalan ... kalau ane ber imajinasinya gitu sih.
    tapi apapun ceritanya ane tetep seneng sama seluruh cerita Dragon Ball

    BalasHapus
  19. Dragon Ball original series itu hanya ada 3 series saja (yg merupakan karangan asli Toriyama Akira).. Ketiga seri tsb Dragonball, Dragonball Z dan Dragonball Super..
    Dragonball GT itu bukan karangan Akira Toriyama. Gak ada hubungannya dari ketiga seri makanya ceritanya gak nyambung.
    Dan dengar2 setelah dragonball Super bakal ada lagi lanjutannya.

    BalasHapus
  20. Urutannya yg benar itu DB-DBZ-DBS (ini yg versi resmi sesuai dengan alur cerita/timeline yg dibuat sama akira toriyama)

    DBGT itu sama sekali gak ngikut alur cerita dari manga yg dibuat sama akira toriyama, cuma toriyama mengizinkan untuk dibuat anime nya dengan catatan gak ngambil alur cerita dari DB-DBZ sama sekali, hanya mengizinkan karakter2nya saja, makanya alur ceritanya beda sekali sampe ada super saiya 4 segala, istilahnya ini tidak resmi kelanjutan dari seri dragon ball

    DBS itu manganya dikarang oleh asistennya akira toriyama dan diawasi langsung pembuatan dan jalan ceritanya sama akira toriyama nya sendiri, jadi bisa dibilang inilah lanjutan serinya dragon ball yg resmi

    dragon ball heroes itu sama sekali bukan lanjutan dari DBS, cerita dragon ball heroes itu diadaptasi dari game di jepang yg namanya dragon ball heroes makanya bisa ada karakter super saiya 4, karena emang di game tsb karakter dari DB,DBZ,DBGT,sampe DBS itu ada

    daripada ribut/menjelek2kan seri dragon ball yg gak resmi (DBGT & Dragon ball heroes) sebagai fans lebih baik menikmati dan menghargai karya2 tersebut, yg penting sebagai fans juga harus tau dan mengerti urutan timeline cerita yg benar seperti apa

    salam dragon ball mania

    BalasHapus
  21. Buat saya dragon ball itu mantap banget, lanjutkan cerita dragon ball Heroes ini tapi kalo bisa rilisnya jangan terlalu lama biar gak bosan menunggu.

    BalasHapus
  22. Buat saya dragon ball itu mantap banget, lanjutkan cerita dragon ball Heroes ini tapi kalo bisa rilisnya jangan terlalu lama biar gak bosan menunggu.

    BalasHapus
  23. Menurut gue sih dibgt itu seharusnya lanjutan dari super kalo seandainya super dibuat lebih dulu dari GT pasti nyambung yang dimana trunks dan goten udah gede dan pan ada sesuai ending di dragon ball z yang menghadirkan pan kan

    BalasHapus
  24. min gw mau nanya kan di akhir dragon ball z itu kan pan udah lahir dan trunks goten udah besar dan ngikutiturnamen apakah itu filler min?
    sumpah gw bingung... dan itu gak nyambung di eps awal dbs ... btw aku gak peduli soal dbgt

    BalasHapus
  25. Jadii dbs menghapus 3 episode yg ada di dbz,,, saat pan,trunks sudah besar,,,, karna dbs lanjutan dbz 6 bulan doank....

    BalasHapus
  26. Sebenarnya Dragon ball GT itu cerita nya ngk nyambung krna memang itu beda dimensi, mkanya nnti nyambung pas dragon ball heroes, krna pas di dragon ball heroes, ada Goku lain yg muncul dari dimensi lain

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik.
Terimakasih.

Beerus's Quote

Beerus's Quote